UJIAN NASIONAL

UJIAN NASIONAL KABUPATEN CIREBON 2013

30 April 2013

Power Point Rapat Finalisasi UN SD 2013 di UPT Plered

17 APRIL 2013

Power Point Rapat Finalisasi UN 2013 di Aula SMPN 1 Sumber

4 April 2013

Contoh Soal dan LJKUN

Power Point Sosialisasi UN Prov Jabar

Power Point Penyelenggaraan UN Prov Jabar

Penjelasan Pelaksanaan Ujian Nasional 2013

REKAP SISWA, RUANG dan AMPLOP SMP

REKAP SISWA, RUANG dan AMPLOP SD REVISI

31 Januari 2013

JUKNIS UN SD 2013

JUKNIS UN SMP 2013

POS UN SD 2013

POS UN SMP 2013

Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional 2013

Permendikbud No 3 Tentang Kelulusan 2013

22 Januari 2013

Power Point Raport Untuk UPT

Power Point Raport Untuk SMP

18 Januari 2013

Tutorial Mencari Titik Koordinat

4 Januari 2013

Power Point Pelatihan UN untuk UPT

28 Desember 2012

Power Point Pelatihan UN Di SMPN 1 Plumbon

Catatan Untuk BIOS UN 2013

29 November 2012

Hari senin kemaren pihak dari Dikmen sudah mengikuti pelatihan Tingkat pusat di

Hotel New Sanyrossa, 26 – 27 November 2012, untuk Diksarnya sabar yaw…..

Namun informasi yang saya dapat dari Dikmen ingin saya share-kan ke temen-temen, katanya Secara umum, pendataan calon peserta UN TP 2012/2013 tidak jauh berbeda dengan pendataan calon peserta UN TP 2011/2012, yaitu dilakukan secara offline dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh BSNP dan puspendik, dan kemudian diupload ke server yang telah disediakan puspendik.

Aplikasi offline yang digunakan untuk pendataan calon peserta UN TP 2012/2013 ini juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi offline tahun lalu. Aplikasi offline pendataan calon peserta UN 2012/2013 merupakan penyempurnaan dari aplikasi offline tahun sebelumnya saja. Salah satu penyempurnaan aplikasi pendataan calon peserta UN TP 2012/2013 ini adalah misalnya adanya tambahan fitur/fasilitas/menu import dari file capesun dan import dari data/file dapodik (untuk SMP; Program untuk ekspor biodata peserta SD dan SMP dari Dapodik Setditjen Dikdas ke dalam sistem pendataan UN dapat diunduh di http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id), namun karna di Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon aplikasi Dapodik dikelola oleh bagian program, mungkin akan lebih jelasnya untuk cara dsb bisa bertanya ke bagian program, barangkali teman-temanpun lebih tau mohon dishare ketemen-temen juga yak…

Sayarat/berkas untuk pengusulan Kode Sekolah (Bagi Sekolah yang  Baru) :

Surat Pengantar Permohonan Kode Sekolah dari Sekolah ke Dinas Pendidikan, ditujukkan kepada Panitia UN Tingkat SMP/SD, dengan dilampiri NPSN dan Izin Operasional/Pendirian.

Data sekolah yang wajib diisi dalam web pendataan online adalah :

  1. Nama Sekolah
  2. Status Sekolah
  3. Jenis Sekolah
  4. NSSS (jika ada)
  5. NPSN(wajib) *)
  6. Kode gabung (jika menggabung)
  7. Alamat sekolah
  8. Kode pos
  9. Telepon Sekolah (jika ada)
  10. Email (jika ada)
  11. Website sekolah (jika ada)
  12. Nama kepala sekolah
  13. NIP Kepala Sekolah (jika ada)
  14. Telepon kepala sekolah (jika ada)
  15. Rekap siswa dan rekap rombel
  16. Akreditasi

*)  Pengecekan dan pengurusan NPSN dapat dilihat di  http://npsn.data.kemdiknas.go.id

Peserta Mengulang

ü  Peserta UN yang tidak lulus UN pada tahun pelajaran 2010//2011 dan atau 2011/2012 berhak mengikuti UN 2012/2013 dengan mendaftar di sekolah/madrasah asal atau di sekolah/madrasah penyelenggara UN.

ü  Peserta yang tidak lulus sebelum tahun 2011/2012, dianggap sebagai peserta baru.

ü  Peserta yang sudah lulus ujian nasional Paket  A/B/C tidak boleh mengikuti UN Formal pada jenjang yang sama.

ü  Peserta mengulang  harus mengikuti SEMUA mata ujian

Download:

Panduan Ofline

Panduan Online SD

Panduan Online SMP (msih dalam proses perbaikan)

SK Kisi-kisi dari BNSP UN Tahun2013

Kisi-Kisi SD New

Kisi-Kisi SMP New

22 November 2012

Sampai saat ini, kami dari pihak Kabupaten belum mendapatkan POS UN, Juknis dan lain-lain, namun kami mencoba untuk mempelajari sendiri sehingga ada persiapan UN 2013, menurut diskusi saya dengan teman-teman operator Kabupaten lain serta pada forum Kementerian tentang pendataan yang menggunakan data Dapodik, saya menyimpulkan bahwa benar adanya namun masih ada perdebatan oleh beberapa pihak, karna sampai saat ini, Dapodik masih acak-acakan, banyak Sekolah yang mengisinya asal, walaupun ada beberapa yang benar-benar serius mengentrinya. Padahal, begitu pentingnya pendataan Dapodik ini, semuanya bisa diambil dari sana tanpa perlu pendataan lagi (katanya) karna saya pribadi belum pernah mengenal Aplikasi Dapodik ini, jadi saya berharap teman-teman operator di Kabupaten Cirebon, mohon dengan sungguh-sungguh mengedit Pendataan Dapodik, walaupun mungkin belum digunakan pada UN Tahun 2013 namun kemungkinan besar memang akan digunakan pada Tahun yang akan datang.

Kami dari pihak Kabupaten baru akan menerima Sosialisasi di Bandung pada Senin besok, ya kita tunggu saja bagaimana hasilnya, untuk persiapan teman-teman dapat membaca dan mempelajari beberapa modul yang saya download dan beberapa dapat dari teman-teman kabupaten lain, dan dapat menggunakan aplikasi tahun kemaren dengan menghapus BDF yang ada di folder (02-16), Tetep Smangat!!! Smoga Pendataan Tahun ini, kita lebih sukses dari tahun kemaren. Smangat!!!

Download

Manual Offline 2013

Pendataan Dari Dapodik

Video Tutorial Patch Ujian Nasional dari Dapodik

UN SD 2013

Biodata Peserta UN SD/MI dapat diakses di http://103.10.170.163

UN SMP 2013

Biodata Peserta UN SMP/MTs dapat diakses di http://103.10.170.165

UJIAN NASIONAL KABUPATEN CIREBON 2012

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

  1. JUKNIS_UN SMP_2012_KAB.CIREBON
  2. PERMEN NO 59 TAHUN 2011
  3. POS UN SMP 2012

SEKOLAH DASAR (SD)

  1. POS SD 2012

89 thoughts on “UJIAN NASIONAL

  1. maaf saya masih kurang mengerti dengan bahasan ujian nasional, apa lebih baiknya menunggu nanti setelah adanya juknis dari pemerintah provinsi, makasih. nice day!

  2. Assalamualaikum Wr Wb
    Teh lilis … izin download cemua yg ada di sini ya ! Boleh ga saya copykan di blog saya ? Karena blognya masih kosong maklum baru belajar kebetulan isi blog yang saya inginkan persis sperti yang ada disini.
    Lokasinya juga tidak terlalu jauh saya dari majalengka
    makasih sebelumnya ……

  3. @Destian Kenedy: makasih atas masukannya, justru saya berharap teman2 bnyak yg tidak mengerti begitupun dengan saya, dengan begitu nanti ketika pelatihan menjadi aktif banyak pertanyaan dan disdkusi, bukan masalah klo saya PD, karena saya sebelum benar2 pendataan saya ingin temen2 aktif dulu… dengan begitu saat pendataan nanti kami sudah akrab… terimakasih!

  4. @Dedyprint: Walaikumsalam…mangga saya om… namun untuk lebih baiknya kalau mencantumkan sumbernya dari blog saya (etika penulisan)…oke salam kenal, nanti ikut sosialisasi diprovinsi nggak…biasanya yg dateng ibu2, lupa namanya….

  5. Yth.Ibu Lilis : setelah sy baca dr comment yg masuk sprtnya blm ada kejelasan mengenai UN 2013 yad jd sy tggu aja utk tindk lanjt berikutnya, tks

  6. Makasih bangeet Teh Lilis jadi saya ga cape2 nulis … hehe … ya pasti deh dicantumkan sumbernya. Kebetulan gak … paling di kabupaten nanti sosialisasinya. Sekali lagi makasih banget tas izinya

  7. @nana sudiana: sebenernya sudah jelas tentang pendataan UN, hanya sayapun menunggu kebijakan, tapi kalau sy posisi di Sekolah seh mulai aja dengan bios yg lama, toh juga nanti bisa diakali kog… temen2 MTs juga nekad aja pake Bios lama, walau sy sudah berhasil merakit file2 baru versi baru untuk tahun ini, tapi sy takut melangkahi aturan, untuk itu sy menunggu dulu sosialisasi dr provinsi baru kemudian sosialisasi kesekolah… tapi klo diSekolah seh mending nyicil aja pake bios yg lama….

  8. surat pengantar kode sekolah segera saya buat bu,,, maaf hari ini ga bisa sy antar,,,, lagi ada hajat dulu…
    hehehe

    by zaki.com

  9. Ibu Punten mau tanya kalau tulisan Data Sekolah Belum Valid di UPLODE PESERTA UN 2012-2013 TULISAN Data sekolah untuk BIO13_0216013P.DBF tidak lengkap.
    Harap perbaiki terlebih dahulu data sekolah secara ONLINE.
    Data yang belum diisi :
    REK_SIS_1
    REK_SIS_2

  10. teh lilis untuk batas waktu upload kelas 1 s/d 5 kapan batas akhirnya, jumlah siswa SDN 2 asjap agak banyak, kami kesulitan bila terburu wakyu dealine waktu 20 Feb 2013 ?

    • silahkan ibu baca PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
      REPUBLIK INDONESIA
      NOMOR 3 TAHUN 2013
      TENTANG
      KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN
      PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN
      KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL
      yang bisa didownload juga diblog ini…. terimakasih

  11. MBAK KALAU DATA US KLS 6 BATAS AKHIR UPLOAD NYA KAPAN,N APA MASIH ADA LAGI GAK YNG PERLU DIISI PENGISIAN NILAI SISWANYA,N DATA YNG UDAH DIUPLOAD BISA DIJADIKAN NILAI AKHIR GAK.

  12. 489170 510197Exceptional post even so , I was wanting to know in case you could write a litte far more on this subject? Id be quite thankful in case you could elaborate slightly bit far more. Thanks! 149018

  13. Pingback: URL

  14. Pingback: URL

  15. Pingback: http://www.blackhatlinks.com/index_web20_dofollow_high_pr_blog_posts.php

  16. Pingback: sql web hosting, cloud server hosting, business website

  17. Pingback: http://pennyauctionsbible.blogspot.com

  18. Pingback: Acai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s